Penetapan Awal Puasa Ramadhan Tahun 2018 M 1439 H Jatuh Pada Tanggal

Advertisement
Advertisement
Penetapan Awal Puasa Ramadhan - Awal puasa ramadhan 2018 (1439 H) hasil sidang isbat pemerintah, NU,Muhammadiyah insyaallah   akan sama  jika ada perbedaan  jangan saling menyalahkan,dan sekarang ini media informasi sudah di miliki setiap perorangan baik itu kategori televisinya, gadget, dan jenis lainnya maka ketika sidang itsbat tersebut sedang di lakukan maka kita mendengarkannya hingga akhir lewat media tersebut. agar nanti bisa langsung tahu kapan puasa ramadhan di mulai.

Sebentar lagi kita akan masuk bulan ramadhan dimana di wajibkan ibadah puasa bagi umat muslim sebagai mana alah mewajibkan puasa kepada umat sebelum kita dan puasa ramadhan perlu di perhatikan dan di laksanakan dengan baik sebagai mana kita mengerjakan rukun islam yang lainnya seperti sholat jakat dan hajinya bagi yang mampu,karena puasa termasuk rukun islam.


Sahabat pembaca setia berdoa-ya dalam menentukan awal puasa ramadhan atau di tahun sebelum dan seterusnya di indonesia ini menggunakan 2 metode perhitungan yaitu metode hisab hakiki wujudul hilal dan metode hisab hakiki wujudul hilal.metode rukyatul hilal digunakan oleh pemerintah, NU dan warga NU.metode hisab hakiki wujudul hilal digunakan oleh ormas dan warga Muhammadiyah. perbedaan kedua metode tersebut adalah cara perhitungan dan derajatnya yang di akui.

Bagi kita sebagai masyarakat  untuk mengawali melaksanakan ibadah puasa wajib ramadhan,menunggu hasil keputusan pemerintah  melalui sidang itsbat yang di umumkan oleh kementrian agama.dan apabila kita melihat  dari kalender hijriyah yang telah di tentukan serta sudah tersebar di masyarakat maka AWAL BULAN RAMADHAN 1438 H 2017 M JATUH PADA TANGGAL 17 MEI HARI KAMIS.namun di karenakan dalam sebuah hadits di terangkan :

 صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته، فإن غبي عليكم فأآملوا عدة شعبان ثلاثين

Dari Abu Hurairah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Yang Artinya :
  Berpuasalah jika telah melihat hilal dan berhari rayalah bila telah melihat hilal, apabila terhalang oleh mendung maka sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari. (HR Bukhari dan Muslim).

Jika kita perhatikan kasus yang terjadi di negara kita, kementrian agama yang dalam hal ini diberi wewenang secara formal untuk menetapkan dan mengumumkan awal dan akhir Ramadan, telah berupaya melakukan proses penetapan dengan upaya maksimal agar terpenuhi standar syar’i serta tidak mengabaikan kemajuan teknologi sebagai penopangnya, bahkan mereka juga telah menyertakan berbagai elemen dan ormas islam di masyarakat. dengan demikian, kementrian agama telah melalui mekanisme yang terkandung dalam hadits Nabi di atas.  

Demikian mengenai bahasan penetapan awal puasa ramadhan tahun 2018 M 1439 H baik menurut perhitungan organisasi islam seperti nu persis muhammadiyah yang di tentukan dengan rukyah yang di komndo oleh kementrian agama semoga awal puasa 2018 berapa hari lagi jadwal puasa ramadhan puasa sunnah ayyamul bidh,mohon maaf apabila ada kesalahan dan kiranya sampai di sini dulu mengenai pemabahan artikel singkat ini yang dapat kami sajikan dan besar harapan semoga ramadhan tahun ini kita semua bisa lebih meningkatkan ibadah kepada allah swt dan tentunya kita ingin mendapat barokah yang melimpah,Aamin,...sekian dan terimaksih.
Advertisement