Amalan sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018

Advertisement
Advertisement
Amalan Istimewa Hari Jumat - sahabat pembaca setia yang di rahmati allah,sungguh bahagia bila setiap hari kita bisa menikmati hari dengan penuh syukur,karena dari hari  yang kita lewati semua ada  keistimawaan  apabila di isi dengan amalan yang di ridhoi allah swt. seperti  hari jumat yang mana kita ketahui merupakan sayidul ayyam (rajanya hari).

Hari jumat khususnya bagi kaum laki-laki adalah  menunaikan sholat jumat salah satu kewajiban yang mesti dilakukan oleh setiap umat islam, tidak dikatakan sempurna iman seseorang, jika tidak menunaikan ibadah jumat. bahkan, jika meninggalkan sholat jumat tanpa udzur tiga kali berturut-turut itu termasuk orang yang tercela.


Untuk khusus hari jumat, allah swt berfirman yang artinya: hai orang-orang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan shalat jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat allah dan tinggalkanlah jual beli yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (qs al-jumah 62:9). seruan ini khusus untuk orang-orang yang ber-imana kepada allah swt. dengan kata lain, orang-orang yang benar-benar ber-iman kepada allah swt akan selalu memperhatikan dan meng-istimewakan hari jumat untuk ber-ibadah kepada allah swt. bahkan, nabi muhammad saw mengabarkan bahwasanya orang yang benar-benar menjadikan hari jumat sebagai hari sakral, yaitu menunaikan kewajiban dan mengerjakan amalan jumat atau melaksanakan sunnah nabi saw. seperti; mandi jumat, memotong kuku, merapikan rambut, bersuci, berbusana rapi nan wangi, kemudian segera bergegas berangkat ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat jumat, maka orang tersebut akan mendapatkan ampunan allah swt atas dosa-dosa yang pernah dilakukan.
Amalan  Hari Jumat

Begitu istimewanya hari jumat, sampai-sampai di dalam al-quran ada surat khusus yang dinamakan surat al-jumat  sebagai mana tadi diatas  yang di dalamnya memberikan penjelasan seputar hari jumah. jumat itu memberikan keberkahan untuk semua orang, baik bagi laki-laki maupun wanita, khususnya suami istri yang menghidupkan malam jumat dengan  bercinta dan kemudian mandi malam jumat.
Berikut ini beberapa amalan  yang harus diperhatikan bagi setiap muslim yang ingin menghidupkan syariat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari jumat.
  •  MEMPERBANYAK DOA DAN DZIKIR
dari abu hurairah radhiyallahu ‘anhu, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at kemudian berkata, “di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada allah ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.  lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (hr. bukhari dan muslim)

  • MEMPERBANYAK SHALAWAT NABI
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku. para sahabat berkata, bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah? nabi bersabda, sesungguhnya allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para nabi  (hr. abu dawud, ibnu majah, an nasa-i)
Adapun bacaan sholawatnya  sebagai berikut :

amalan jumat


  • MEMPERBANYAK MEMBACA SURAH ALKAHFI

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Dari abu sa’id al-khudri radhiyallahu anhu, bahwa nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: barangsiapa yang membaca surat al-kahfi pada hari jum’at, maka allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua jum’at.(hr hakim dalam al-mustadrok)

  • MEMBERSIHKAN DIRI DAN MENGGUNAKAN MINYAK WANGI
Setelah mandi dan mengenakan pakaian terbaik, alangkah lengkap rasanya jika ditambah dengan menggunakan minyak wangi. Sehingga diri kita akan tampak bersih dan wangi. 
 
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim), ya mandi Jum’at tadi. Setelah itu memakai minyak wangi, biar kita shalat Jum’at dalam keadaan wangi tentunya. 

Demikian yang dapat kami sajikan dalam artikel singkat ini mengenai ibadah sunnah  amalan hari jumat semoga ada manpaatnya dan mohon maaf atas khilap dan kekurangannya,terimaksih berkah buat semua aamiin.
Advertisement